Sabtu, 05 September 2015

Wisata Ranca Upas Ciwidey, dari Berkemah hingga Kegiatan Alam Lainnya

Wisata Ranca Upas Ciwidey, dari Berkemah hingga Kegiatan Alam Lainnya

 

Keberadaan destinasi wisata Ranca Upas Ciwidey membuktikan bahwa Jawa Barat adalah salah satu destinasi kegiatan wisata alam yang populer di Indonesia. Secara lebih spesifik, kawasan wisata Ciwidey di Bandung selalu menyedot jumlah kunjungan wisatawan yang besar dari waktu ke waktu.
Kampung Cai Ranca Upas, begitu banyak orang menyebutnya, adalah sebuah perkampungan yang terletak di tengah-tengah hutan dengan ragam keindahan yang menyejukkan mata. Tempat wisata ini terletak tepat di Desa Alam Endah, Kecamatan Ranca Upas, berjarak sekitar 50 kilometer di arah selatan dari pusat kota Bandung.
Kampung Cai Ranca Upas Ciwidey memiliki luas lahan kurang lebih 215 hektar. Udara disini sangat sejuk dan melegakan karena lokasinya yang berada di ketinggian 1.700 meter dpl. Dalam kamus bahasa Sunda, “Kampung Cai” dapat diartikan sebagai “Desa Air”. Inilah sebab tak jarang orang menyebut kawasan ini dengan nama Desa Air Ranca Upas.
Di sekitar lokasi perkampungan adalah areal hutan lindung di mana banyak terdapat jenis pepohonan yang jarang dijumpai, seperti pohon Puspa, Huru, Pasang, Hamirung, Kurai, Jamuju, Kitambang, dan Kihujan. Tak hanya itu, kawasan ini juga kaya akan kehidupan fauna. Anda dapat menyaksikan populasi burung dan satwa-satwa yang bergerak bebas di antara pepohonan.

Panorama alami di Ranca Upas
Panorama alami di Ranca Upas via fromwoman.com

Alamat Ranca Upas: Jl. Raya Ciwidey – Patenggang KM 11, Desa Alam Endah, Ciwidey, Kabupaten Bandung, Jawa Barat
Peta Lokasi: klik di sini
Koordinat GPS: -7.142808,107.392426

Penangkaran Rusa Jawa di Ranca Upas Ciwidey

Kawasan wisata Ranca Upas di Ciwidey dulunya adalah bumi perkemahan yang sekaligus pula sebagai tempat kegiatan outdoor yang diselenggarakan berbagai komunitas. Dengan kondisi geografis dan karakteristik alamnya yang unik, sejumlah fasilitas menarik ditambahkan di kawasan ini, seperti War Games, ATV, dan Kolam Renang Air Hangat.

Wahana air di Kampung Cai Ranca Upas
Wahana air di Kampung Cai Ranca Upas via sagaraoutdoor.blogspot.com

Salah satu aktivitas populer yang biasa dilakukan di sana adalah mengunjungi konservasi penangkaran Rusa Jawa (Cervus Timorensis). Di tempat penangkaran, Anda dapat berinteraksi langsung dengan kawanan rusa yang hidup bebas di alam terbuka. Areal pengangkaran berada pada luas lahan sebesar 5 hektar.
Kegiatan populer yang dilakukan wisatawan di tempat ini adalah memberi makan rusa-rusa tersebut dengan sayuran dan wortel yang telah disediakan.
Cervus Timorensis atau Rusa Jawa yang ditangkar di hutan lindung kawasan Ranca Upas Ciwidey memiliki bulu indah coklat kemerahan, sementara bulu leher dan kaki terlihat sedikit lebih terang. Konon, kawasan Ranca Upas hanya terdapat 11 ekor rusa saja dengan 5 diantaranya betina. Tetapi setelah bertahun-tahun dipelihara dan dibiarkan bebas berkeliaran, lahirlah bayi-bayi rusa yang semakin bertambah jumlahnya.

Kawanan rusa di Ranca Upas
Kawanan rusa di Ranca Upas via siskanurifah.wordpress.com

Area penangkaran Rusa Jawa ini juga terhubung dengan lokasi kegiatan wisata lainnya, yaitu area Outbound Tegal Kawani. Di sini Anda dapat berkemah dengan sejumlah akomodasi dan fasilitas yang telah disediakan dengan baik.

Kegiatan Lainnya di Ranca Upas Ciwidey

Jika Anda benar-benar ingin menikmati suasana alam yang natural, cobalah berkemah di Ranca Upas Ciwidey ini. Untuk kebutuhan logistik, Anda bisa membawa sendiri dari rumah atau membelinya di warung-warung yang ada di sekitar lokasi.
Di warung-warung tersebut, tersedia berbagai jenis makanan, aneka cemilan, hingga kayu bakar untuk memasak atau api unggun. Jika tidak ingin repot membawa perlengkapan berkemah, Anda dapat menyewa perlatan seperti tenda, sleeping bed, dan lain-lain. Tentu saja harga sewanya terbilang murah.

Berkemah dan menikmati malam di Ranca Upas
Berkemah dan menikmati malam di Ranca Upas via wiranurmansyah.com

Tak hanya berkemah, di kawasan wisata Ranca Upas Ciwidey Anda dapat melakukan aktivitas menyenangkan lainnya seperti mandi bersama anggota keluarga di pemandian air panas. Jika ingin yang lebih seru lagi, tersedia juga kano yang siap membawa Anda berkeliling danau. Beberapa kegiatan yang disukai lainnya, misalnya aktivitas trekking di bukit, bermain paint ball, hingga bersepeda.
Menyapa pagi hari di Ranca Upas
Menyapa pagi hari di Ranca Upas via putridwinoor.wordpress.com

Pendek kata, Ranca Upas adalah salah satu pilihan destinasi wisata yang tepat untuk menyegarkan pikiran dan tubuh dari stress dan kejenuhan.

Oleh-Oleh Khas Ciwidey

Sebagai oleh-oleh untuk para kerabat atau keluarga, Anda dapat membeli Dodol Strawberry khas Ciwidey yang dijual di kawasan Ranca Bali Ciwidey. Dodol ini diproduksi sendiri oleh penjualnya dan rata-rata mereka memiliki kebun strawberry sendiri. Dodol tersebut dibuat dari bahan alami, tanpa pengawet atau bahan kimia lainnya, sungguh sangan aman dan nikmat dikonsumsi.

Hotel di Ranca Upas Ciwidey

Jika Anda ingin menginap di kawasan Ranca Upas Ciwidey tanpa mau berkemah, maka tersedia sejumlah hotel atau penginapan yang dapat Anda pilih. Beberapa di antaranya adalah d’Riam Riverside Resort Ciwidey (Dream Hotel) dan Kampung Pa’go.
Anda dapat mencari hotel atau penginapan dekat Ranca Upas secara online guna memastikan ketersediaan kamar. Salah satu online booking yang populer adalah AGODA.

Rute Perjalanan ke Ranca Upas

Dari pusat kota Bandung menuju Kampung Ranca Upas Ciwidey, Anda perlu menempuh perjalanan sejauh 50 kilometer ke arah selatan Bandung. Waktu perjalanan yang dibutuhkan sekitar 2 jam menggunakan kendaraan pribadi.
Jalan utama yang harus dilewati adalah jalan selatan Bandung arah ke Soreang (ibukota Kabupaten bandung), lalu dilanjutkan ke arah Ciwidey. Jika Anda singgah untuk mengunjungi tempat wisata Ciwidey lainnya, seperti Situ Patenggang atau Kawah Putih, maka jarak perjalanan ke Ranca Upas hanya tinggal 6 kilometer lagi dengan waktu perjalanan sekitar 10 menit.
Selain menggunakan kendaraan pribadi, Anda juga dapat menggunakan alat transportasi umum menuju Ranca Upas Ciwidey. Terlebih dulu Anda harus ke terminal Bus Leuwipanjang, selanjutnya meneruskan perjalanan menggunakan bus menuju Ciwidey. Setiba di terminal Ciwidey, Anda dapat melanjutkan perjalanan ke Kampung Cai Ranca Upas menggunakan angkot.

0 komentar:

Posting Komentar

luvne.com resepkuekeringku.com desainrumahnya.com yayasanbabysitterku.com