Rabu, 02 September 2015

Wisata Karimunjawa, Satu Destinasi Bahari Menawan di Indonesia

Wisata Karimunjawa, Satu Destinasi Bahari Menawan di Indonesia

Destinasi wisata Karimunjawa adalah salah satu tujuan wisata Jepara yang populer, baik di kalangan domestik hingga para penikmat perjalanan dari mancanegara.
Kepulauan Karimunjawa yang terdiri dari 27 pulau-pulau kecil menawarkan Anda keindahan bahari yang mempesona dengan sejumlah kegiatan wisatanya yang memikat.
Secara administratif, kawasan wisata Karimunjawa adalah bagian dari wilayah Kabupaten Jepara di Jawa Tengah, berjarak sekitar 83 km di arah barat laut kota Jepara. Saat ini, Karimunjawa telah menjadi cagar alam laut yang dilindungi di Indonesia dan populer disebut sebagai Taman Nasional Karimunjawa.
Nama Karimujawa diberikan oleh Syekh Amir Hasan yang merupakan putera Sunan Muria dan adalah juga murid dari Sunan Kudus. Karena nakal, putra dan murid dari penyebar agama Islam di Jawa itu kemudian dibuang ke kepulauan yang jika dari kejauhan hanya terlihat kerimun-kerimun (dalam bahasa Jawa, artinya samar-samar). Inilah sebab mengapa kepulauan ini kemudian dinamakan sebagai Karimunjawa.
Kepulauan Karimunjawa di Jepara
Kepulauan Karimunjawa di Jepara via bestwisatakarimunjawa.com

Dari keseluruhan pulau yang ada di Kepulauan Karimunjawa, terdapat lima pulau yang berpenghuni, sementara sisanya kosong. Kawasan wisata Karimunjawa memiliki sebanyak 90 jenis karang laut, lebih dari 240 jenis ikan, serta 133 genera akuatik. Secara total, Karimunjawa memiliki luas area sebesar 107.225 ha.
Tak hanya satwa laut, beberapa satwa darat pun akan Anda temui, seperti kera, rusa, penyu, burung, dan lain-lain. Hal ini karena topografi wilayahnya tidak hanya didominasi oleh pantai semata, tetapi juga hutan mangrove dan hutan pantai.
Alamat Karimunjawa: Kepulauan Karimunjawa, Kabupaten Jepara, Jawa Tengah
Peta Lokasi: klik di sini
Koordinat GPS: -5.880019,110.431962

Kegiatan Menarik Wisata Karimunjawa

Terdapat banyak kegiatan wisata seru yang dapat Anda nikmati di Karimunjawa. Sungguh, Anda membutuhkan waktu beberapa hari untuk dapat memuaskan diri dengan menjelajahi berbagai pesona yang ada di sana.
Sunset indah di Karimunjawa
Sunset indah di Karimunjawa via manggae.wordpress.com

Jika Anda memiliki waktu liburan yang tidak banyak, beberapa kegiatan berikut ini patut Anda coba tatkala melakukan perjalanan wisata Karimunjawa di Jepara.

1. Berenang dengan Hiu

Kawasan wisata Karimunjawa menawarkan Anda pengalaman sensasional dengan berenang dan bermain dengan ikan hiu. Adalah blacktip reef shark, hiu yang suka dengan perairan dangkal berpasir, yang dapat Anda temui ketika berenang atau snorkeling di Pulau Menjangan Besar.
Ikan hiu jinak di Pulau Menjangan Besar Karimunjawa
Ikan hiu jinak di Pulau Menjangan Besar Karimunjawa via phdjayawisata.blogspot.com

Spesies hiu ini sungguh jinak dan tidak menyerang manusia. Ukuran panjang tubuhnya hanya sekitar 1,6 meter. Anda tidak perlu merasa takut. Tetapi jika rasa khawatir Anda masih tak berkurang, cobalah rasakan sensasi berenang dengan hiu-hiu yang lebih kecil di penangkarannya.
Berenang bersama hiu di Karimunjawa
Berenang bersama hiu di Karimunjawa via karimunjawatourislaparadiso.blogspot.com

2. Snorkeling

Anda tidak akan pernah kehabisan spot-spot snorkeling tatkala datang ke kepulauan ini. Terdapat banyak spot snorkeling menarik yang tersebar di berbagai penjuru lokasi wisata Karimunjawa.
Spot-spot favorit untuk snorkeling, antara lain di Pulau Menjangan Besar, Pulau Menjangan Kecil, Pulau Tengah, Pantai Tanjung Gelam, dan Pulau Cemara Besar. Semuanya memiliki view yang sama, pantai berpasir putih dengan air laut yang berwarna turquoise bening.
Snorkel di Karimunjawa
Snorkel di Karimunjawa via berjalanjalan.wordpress.com

Jika Anda ingin mencari pemandangan terumbu karang dan ikan-ikan hias cantik, paling banyak terdapat di Pulau Menjangan Kecil. Tetapi karena kedalaman laut yang dangkal, tak jarang wisatawan yang melakukan snorkeling di sana menyentuh karang-karang yang ada di lokasi. Dikhawatirkan, ini akan mengganggu proses kelangsungan hidup terumbu karang.

3. Main ke “Gosong”

Ini bukanlah gosong yang bersinonim dengan terbakar. Gosong merupakan istilah yang digunakan untuk menggambarkan daratan berpasir yang menyembul ke permukaan laut ketika air sedang surut saat pagi hari. Ketika menjelang siang, gosong itu sendiri akan menghilang.
Gosong Cemara di Karimunjawa
Gosong Cemara di Karimunjawa via omahewinahyu.blogspot.com

Di kawasan wisata Karimunjawa, Anda akan sangat mudah menemukan banyak gosong. Tetapi gosong yang paling favorit adalah Gosong Cemara yang terletak di timur Pulau Cemara Gede. Spot gosong ini juga memungkinkan Anda untuk bersnorkel ria menikmati pemandangan terumbu karang yang asri, atau jika beruntung Anda akan menjumpai penyu serta biota laut menarik lainnya.

4. Diving di Bangkai Kapal Karam

Berlibur ke Pulau yang dijuluki Carribean of Java ini tidak akan lengkap apabila Anda tidak mencoba kegiatan diving di kedalaman lautnya. Tidak akan sia-sia jika Anda mempersiapkan lisensi diving Anda untuk menjelajahi lebih dalam surga bawah laut Karimunjawa yang sungguh mempesona.
Diving di Karimunjawa
Diving di Karimunjawa via diveindonesia.net

Di Karimunjawa, Anda akan menemukan pengalaman diving yang menakjubkan di dekat bangkai-bangkai kapal karam. Spot bangkai kapal karam ini tidak hanya satu, tetapi berjumlah banyak. Sebut saja misalnya Karang Kapal, Bangkai Kapal Pinisi, Bangkai Kapal Indonoor, serta yang paling terkenal adalah Bangkai Kapal Biblis yang memiliki baling-baling dari perunggu berhias beberapa soft coral nan cantik.

5. Penginapan Terapung

Ini adalah pengalaman yang tidak biasa. Anda dapat bersantai sambil tinggal di penginapan yang mengapung.
Rasakan sensasi menginap di Wisma Apung
Rasakan sensasi menginap di Wisma Apung via yudasmoro.net

Di kawasan wisata Karimunjawa, Anda dapat mencoba tinggal di Kura-Kura Resort atau Wisma Apung untuk merasakan sensasi menginap di tengah-tengah lautan.
Wisma Apung di Karimunjawa
Wisma Apung di Karimunjawa via danarif.com

Rute Perjalanan ke Karimunjawa

Cara populer menuju Karimunjawa adalah dengan melalui jalur laut. Dengan kapal Bahari Express, Anda akan mencapai Karimunjawa dalam waktu sekitar 2 jam dari Pelabuhan Kartini di Jepara. Jika memilih menggunakan kapal motor cepat Kartini, Anda akan sampai dalam waktu 4 jam. Sementara itu, menggunakan kapal motor Muria memerlukan waktu tempuh hingga 6 jam untuk mencapai pelabuhan Karimunjawa.
Tetapi, Anda juga dapat memanfaatkan transportasi udara untuk mencapai lokasi Karimunjawa. Dari Bandara Ahmad Yani Semarang, Anda bisa memesan tiket penerbangan dari maskapai Wings Air, Merpati Airlines, atau Sky Aviation. Selanjutnya, Anda akan sampai di Bandara Dewandaru yang terletak di Pulau Kemujan, Karimunjawa.
Dari sana, Anda selanjutnya tinggal menaiki kapal motor untuk pergi ke pulau-pulau wisata Karimunjawa lainnya.

0 komentar:

Posting Komentar

luvne.com resepkuekeringku.com desainrumahnya.com yayasanbabysitterku.com