Rabu, 02 September 2015

Senja di Pantai Marina Semarang, Suguhan Wisata yang Menyenangkan

Senja di Pantai Marina Semarang, Suguhan Wisata yang Menyenangkan

 



Jika Anda meluangkan waktu dan mampir ke Pantai Marina Semarang terutama di saat hari menjelang sore, Anda akan menjumpai pemandangan sunset yang cukup mempesona di pantai ini. Panorama sunset terlihat indah di ujung cakrawala beralaskan birunya air laut.
Pantai Marina Semarang terletak di Semarang bagian utara, berada pada satu garis lurus dengan Pantai Maron. Pantai ini juga cukup dekat dari Bandar Udara Internasional Ahmad Yani, kawasan wisata PRPP, serta Museum Ronggawarsito Jawa Tengah.
Jika diamati dengan seksama, Pantai Marina Semarang sesungguhnya terbentuk dari kegiatn pengerukan (reklamasi) pantai di kawasan Semarang yang dulunya adalah area hutan bakau serta tambak. Dari proses reklamasi tersebut, kawasan ini berubah menjadi perkantoran, pertokoan, dan perumahan.
Sedangkan sisa ujung pantai bagian utara dimodifikasi sedemikian rupa dan dibangun pembatas pantai yang sangat nyaman untuk menghabiskan waktu kala santai. Pembatas pantai tersebut sengaja diciptakan sebagai pemecah ombak atau Breakwater.
Fungsi dari Breakwater sendiri adalah memecah gelombang laut dengan cara menyerap energi gelombang. Tujuan dari Breakwater ini untuk mengurangi pengikisan pantai (abrasi) serta menenangkan ombak di pelabuhan sehingga lebih aman untuk kapal yang merapat.

Breakwater di tepian Pantai Marina
Breakwater di tepian Pantai Marina via wisatadisemarang.com

Saat ini, di kawasan Pantai Marina Semarang terdapat cukup banyak kapal berukuran medium yang digunakan untuk keperluan wisata. Dengan demikian, jika Anda ingin berkeliling atau memutari Pantai Marina, Anda tinggal menaiki salah satu dari kapal-kapal tersebut.
Dari geladak kapal, Anda akan menikmati keindahan tersendiri yang ada di Pantai Marina tersebut sambil menyaksikan kawasan Pelabuhan Tanjung Mas dan hutan bakau yang terlihat dari kejauhan.

Berkeliling dengan kapal di Pantai Marina
Berkeliling dengan kapal di Pantai Marina via yukpegi.com

Pantai Marina Semarang memiliki area parkir yang cukup luas, selain pula tersedia mushola dan kamar mandi. Persewaan perahu untuk mengelilingi Pantai Marina mengenakan tarif yang terbilang murah, berkisar Rp 5 ribu per orang. Kapal-kapal berukuran sedang memang boleh merapat di Pantai Marina ini mengingat dermaganya yang cukup lebar.
Alamat Pantai Marina Semarang: Jln. Yos Sudarso, Semarang, Jawa Tengah
Peta Lokasi: klik di sini
Koordinat GPS: -6.948417,110.389223

Bermain dan Berpetualang di Pantai Marina Semarang

Tak hanya sekedar tempat yang asyik untuk berlibur, Pantai Marina Semarang juga menjadi salah satu tujuan menarik untuk bermain dan berpetualang. Di pantai ini tersedia sejumlah fasilitas untuk pengunjung yang suka permainan tantangan, seperti balap mobil mainan.
Untuk yang suka berenang, tersedia persewaan ban renang dekat loket. Meskipun tidak memiliki bentang pasir yang luas seperti halnya pantai-pantai lain di Pulau Jawa, namun area pasir Pantai Marina Semarang ini cukup mengasyikkan bagi Anda yang ingin berjalan-jalan menyusuri pantai dengan bertelanjang kaki.

Piknik di Pantai Marina
Piknik di Pantai Marina via outsidewalls.blogspot.com

Di pinggiran Pantai Marina, berjajar beberapa gazebo lengkap dengan kursi yang memang disediakan khusus bagi wisatawan untuk menikmati keindahan pantai dari dekat. Jika Anda jenuh duduk di kuris gazebo tersebut, Anda dapat beralih ke tembok pembatas pantai atau Breakwater. Selain lebih dekat, spot ini juga cukup bagus untuk berfoto bersama teman atau keluarga.
Di sekitar Pantai Marina, terdapat area khusus yang menjadi tempat hidup beberapa satwa seperti rusa dan kancil. Kawasan ini juga menyediakan fasilitas kolam renang yang cukup unik, letaknya persis di tepi pantai dengan tiket masuk Rp 30 ribu per orang.

Kolam renang di Pantai Marina Semarang
Kolam renang di Pantai Marina Semarang via tribunnews.com

Jika Anda mengedarkan pandangan ke arah selatan, terlihat Gunung Ungaran dari kejauhan serta Vihara tempat beribadah penganut Buddha.
Di Pantai Marina terdapat banyak pepohonan cemara yang cukup teduh. Anda dapat duduk-duduk sambil menikmati jajanan, minuman panas, serta bakso dan siomay yang banyak dijual di area tersebut.

Bersantai menikmati sunset di Pantai Marina
Bersantai menikmati sunset di Pantai Marina via ianbamsono.blogspot.com

Jika Anda ingin mencicipi menu kuliner khas Semarang, Anda dapat pergi ke sejumlah warung makan dan restoran yang ada di pinggir pantai. Tersedia menu kuliner, seperti ikan bakar, iga bakar, nasi liwet, dan lain-lainnya.
Beberapa tempat makan yang cukup populer di kawasan wisata Pantai Marina ini adalah Rumah Makan Pondok Daun dan Rumah Makan Kampung Laut.

Rumah Makan Pondok Daun tak jauh dari Pantai Marina
Rumah Makan Pondok Daun tak jauh dari Pantai Marina via petualanganveri.com

Hotel di Pantai Marina Semarang

Lokasi Pantai Marina di Semarang yang mudah ditempuh dari berbagai arah dari kota Semarang membuat pilihan tempat menginap menjadi lebih fleksibel. Beberapa hotel di Semarang yang populer di antaranya adalah Gumaya Tower Hotel Semarang, Hotel Dafam Semarang, Quest Hotel, atau Hotel Neo Candi Semarang.
Juga tersedia hotel murah di Semarang atau penginapan backpacker yang dapat Anda pilih, seperti Imam Bonjol Hostel Semarang, Nozz Hotel, dan Whiz Hotel Semarang.
Anda dapat mencari hotel atau penginapan dekat Pantai Marina secara online guna memastikan ketersediaan kamar. Salah satu online booking yang populer adalah AGODA.

Rute Perjalanan ke Pantai Marina

Akses perjalanan menuju Pantai Marina Semarang terbilang mudah, Anda dapat mengaksesnya dari arah mana saja di Kota Semarang. Jika Anda berangkat dari daerah Kendal, Anda dapat mengambil arah ke Timur kemudian masuk ke Bundaran Kali Banteng (tak jauh dari museum Ronggawarsito Jawa Tengah).
Dari Bundaran Kali Banteng, Anda lanjutkan perjalanan menuju Jl. RE. Martadinata (jalur arah ke Surabaya), kemudian Anda akan menjumpai SPBU, lalu berbelok ke kiri ke arah Supermarket Giant (PRPP). Dari kawasan PRPP, Anda tinggal langsung meluncur ke arah Pantai Marina.
Apabila perjalanan Anda dimulai dari Demak, Anda dapat langsung masuk ke pusat kota Semarang atau ke arah jalan arteri (Jalan RE. Martadinata), kemudian langsung menuju ke arah Pantai Marina.

1 komentar:

luvne.com resepkuekeringku.com desainrumahnya.com yayasanbabysitterku.com