Sabtu, 12 September 2015

10 Tempat Wisata di Blitar Selain Makam Bung Karno yang Sayang Dilewatkan

10 Tempat Wisata di Blitar Selain Makam Bung Karno yang Sayang Dilewatkan

 Arung Jeram Soko

Jika membicarakan tentang kota Blitar, pastilah Makam Bung Karno yang pertama kali melintas di pikiran. Ya, kota Blitar memang terkenal karena menjadi tempat disemayamkannya presiden pertama Indonesia.
Makam tersebut juga dilengkapi dengan museum dan juga toko-toko suvenir serta ragam kuliner yang menggiurkan. Nah, selesai berkunjung ke Museum Bung Karno, Anda juga bisa mengunjungi tempat wisata di Blitar yang kami rekomendasikan berikut ini:

1. Agrowisata Karangsari

Agrowisata Karangsari
Agrowisata Karangsari

Apa sih yang khas dari Blitar? Ternyata selain rambutan, Blitar juga terkenal dengan buah belimbingnya. Buah dengan bentuk bintang berwarna kuning ini ternyata sudah menjadi buah primadona di Blitar lho. Anda bahkan bisa mengunjungi agrowisata blimbing di Blitar, atau tepatnya di Desa Karangsari, Kecamatan Sukorejo.
Di Agrowisata Karangsari ada dua jenis belimbing yang dibudidayakan yaitu jenis Bangkok dan Filipina. Di sini, Anda bisa memetik sendiri belimbing yang akan Anda bawa pulang atau Anda juga bisa membeli oleh-oleh khas berbahan belimbing seperti dodol, manisan, keripik, sirup hingga selai.

2. Penangkaran Rusa Maliran

Penangkaran Rusa Maliran
Penangkaran Rusa Maliran

Mencari tempat wisata yang cocok untuk bersantai dengan keluarga? Penangkaran rusa di Kecamatan Ponggok, Kabupaten Blitar, ini sepertinya cocok bagi Anda.
Anda akan menemukan 200 ekor rusa yang hidup bebas berkeliaran di sana. Biaya retribusi yang harus Anda bayar juga sangat murah, hanya 2.000 Rupiah per orang dewasa dan 1.000 Rupiah untuk anak-anak. Di dalam penangkaran rusa terdapat gazebo, taman bermain dan warung makan bagi Anda yang ingin makan setelah lelah berkeliling. Jadi Anda bisa bersantai, piknik sembari menikmati pemandangan kawanan rusa.

3. Pemandian Sumber Udel

Pemandian Sumber Udel
Pemandian Sumber Udel

Mencari wahana air di Blitar tidaklah sulit, salah satu yang bisa Anda kunjungi adalah Pemandian Sumber Udel. Lokasinya ada di Jalan Kali Brantas, Kelurahan Bendo, atau berjarak sekitar 500 meter dari Makam Bung Karno.
Di sini terdapat kolam untuk dewasa dan juga anak. Selain itu, ada panggung gembira, taman untuk bermain dan juga jasa sewa alat renang. Pemandian ini juga sering dipakai untuk perlombaan renang, lho.

4. Istana Gebang

Istana Gebang
Istana Gebang

Istana Gebang merupakan rumah masa kecil dari presiden pertama Indonesia, Ir. Soekarno. Letaknya ada di Jalan Sultan Agung, nomor 29. Terletak di lahan seluas 2 hektar, di dalamnya Anda akan mendapati berbagai ruangan yang masih khas dengan kursi kayu kombinasi rotan.
Di bangunan ini, beragam perabotan memang masih menggunakan model lama jadi Anda akan merasakan atmosfer tempo dulu. Nah, jika Anda berkunjung pada tanggal 6 Juni, Anda akan melihat haul dan juga pertunjukan hiburan rakyat di sana.

5. Pantai Tambakrejo

Pantai Tambakrejo
Pantai Tambakrejo

Blitar ternyata juga punya banyak sekali pantai yang menarik untuk dikunjungi, salah satunya adalah Pantai Tambakrejo yang terletak di Desa Tambakrejo, Kecamatan Wonotirto, atau berjarak sekitar 30 km dari pusat kota Blitar.
Pasir yang putih dengan air laut yang biru akan menyambut Anda. Karena ombak di sini tidak begitu besar, maka Anda bisa bersantai sambil bermain air. Ada juga tempat pelelangan ikan segar dengan harga yang murah sekali dibadingkan pasar modern.

6. Pantai Gondo Mayit

Pantai Gondo Mayit
Pantai Gondo Mayit

Pantai Gondo Mayit letaknya tidak terlalu jauh dari Pantai Tambakrejo, pantai ini terletak di sisi timur Pantai Tambakrejo. Untuk mencapai pantai ini, Anda akan melewati bukit dan menyebrangi sungai.
Pantai ini masih sepi dan alami dibandingkan pantai lainnya di Blitar. Bagi Anda yang lapar, terdapat satu warung makanan di sini. Namun sebaiknya Anda membawa bekal makanan sendiri karena kurang bervariasinya makanan yang tersedia di sini.

7. Pantai Jolosutro

Pantai Jolosutro
Pantai Jolosutro

Pantai ini terbilang unik karena memiliki pasir yang berwarna hitam. Untuk bisa mencapai Pantai Jolosutro, Anda harus menempuh jarak sekitar 45 km dari pusat kota atau tepatnya berada di Desa Ringinrejo, Kecamatan Water.
Pantai ini unik karena terletak di teluk kecil di area perbuktian. Di tepian pantai, Anda bisa menemukan batuan karang dengan beragam ukuran. Pantai ini merupakan salah satu pantai favorit di kota Blitar.

8. Arung Jeram Soko

Arung Jeram Soko
Arung Jeram Soko

Arung Jeram Soko adalah lokasi yang tepat bagi Anda yang ingin menguji adrenalin. Tempat wisata ini berlokasi di Kabupaten Blitar.
Di sini, Anda bisa menikmati sungai sepanjang 9 km dengan tingkat kesulitan grade dua dan tiga dalam arung jeram. Wahana ini juga cocok bagi Anda yang merupakan seorang pemula di kegiatan arung jeram.
Tempat wisata ini cocok bagi Anda yang ingin menghabiskan waktu liburan dengan teman-teman. Psstt, di tantangan terakhir ketika berarung jeram, Anda akan melewati terowongan kecil.

9. Candi Penataran

Candi Penataran
Candi Penataran

Salah satu candi yang terkenal di Blitar adalah Candi Penataran, letaknya di Desa Penataran, Kecamatan Nglegok, Kabupaten Blitar.
Di lahan dengan luas 180 x 130 meter ini, Candi Penataran dibagi menjadi tiga wilayah. Pada kawasan pertama Anda akan mendapati Bale Agung, Batur Pendopo, tiga miniatur candi dan candi Angka. Lalu di kawasan kedua, ada Candi Naga dan di kawasan ketiga akan ada candi induknya.

10. Gua Embultuk

Gua Embultuk
Gua Embultuk

Ada juga lho wisata stalakmit dan stalaktit di Blitar, letaknya di Desa Tumpak Kepuh, Kecamatan Bakung. Jika berangkat dari pusat kota, Anda akan menempuh jarak perjalanan sekitar 40 km.
Gua ini memiliki panjang sekitar 1.500 meter dengan lebar tiga meter. Jika Anda ingin menjelajahi gua, ini disarankan memakai alat bantu penerangan dan jangan lupa membawa pakaian ganti. Tempat wisata ini biasanya ramai ketika musim libur tiba.

0 komentar:

Posting Komentar

luvne.com resepkuekeringku.com desainrumahnya.com yayasanbabysitterku.com