Sabtu, 29 Agustus 2015

Taman Safari Bogor, Destinasi Wisata di Habitat Alami Satwa

Taman Safari Bogor, Destinasi Wisata di Habitat Alami Satwa

 

 Taman Safari Bogor adalah salah satu tujuan wisata keluarga berwawasan lingkungan yang berorientasi untuk mengenal habitat satwa di alam bebas. Taman ini adalah destinasi yang diminati di kalangan penikmat perjalanan, terutama bagi para keluarga yang berekreasi bersama dengan anak-anak. Berjarak tidak jauh dari ibukota Jakarta, Taman Safari Bogor merupakan tujuan berlibur yang diminati bagi banyak warga Jakarta.
Di kawasan Taman Safari Bogor, Anda dan putra-putri dapat mengenal dan berinteraksi secara lebih dekat dengan aneka fauna langka di habitat aslinya. Tentu saja ini menjadi sesuatu yang sangat positif bagi pengetahuan anak serta memenuhi kebutuhan rekreasionalnya.
Taman Safari Bogor ini adalah pula taman safari pertama yang ada di Indonesia. Lokasinya berada di kawasan wisata Puncak, tepatnya di Desa Ciberaeum, Cisarua, Kabupaten Bogor. Taman safari ini populer dikenal dengan nama Taman Safari Indonesia. Perlu diketahui bahwa selain di Bogor, terdapat tiga taman safari lainnya yang ada di Indonesia, yakni di daerah Pasuruan, Batang, dan Bali.


Satwa Camel di Taman Safari Bogor

Dahulu, Taman Safari Bogor hanyalah sebuah perkebunan teh yang sudah tidak produktif. Tetapi tahun 1980 silam, pemerintah memutuskan pembangunan cagar alam yang salah satunya tujuannya adalah untuk melindungi hewan-hewan langka. Lokasi yang dipilih tepat berada di sekitar kawasan Gunung Gede Pangrango, berada pada ketinggian 900-1800 meter dpl dan bersuhu antara 16-24 derajat Celcius.


 Satwa buas di Taman Safari Bogor

Inilah sebab Anda dapat merasakan kesejukan yang menyegarkan, udara bersih, dan panorama alam khas pegunungan tatkala memasuki kawasan Taman Safari Bogor ini. Di taman ini, terdapat sekitar 2.500 spesies satwa dari penjuru dunia. Anda dapat mengelilingi taman dengan menggunakan mobil, terutama jika ingin menyaksikan dari dekat kehidupan satwa liar di habitat alaminya. Selain mobil, terdapat pula kereta gantung yang memungkinkan Anda menyaksikan fauna-fauna yang hidup di taman tersebut.

Berkeliling dengan mobil di Taman Safari
Saat berkeliling taman ini, terdapat sejumlah aturan yang harus dipatuhi untuk menjaga keselamatan diri. Misalnya, tidak boleh keluar dari mobil serta tidak membuka jendela dan pintu saat berada di habitat hewan buas.
Alamat Taman Safari Bogor: Jl. Raya Puncak No. 601, Cisarua, Bogor, Jawa Barat | (0251) 8250000
Peta lokasi: klik di sini
Koordinat GPS: -6.719016,106.950231

Spot Menarik Taman Safari Bogor

Pengalaman berkeliling sembari menyaksikan kehidupan hewan serta berinteraksi lebih dekat dengan satwa tersebut adalah salah satu cara terbaik mendekatkan diri dengan alam, terutama bagi anak-anak. Selain sebagai sarana pendidikan anak dengan mengenal satwa secara langsung, anak-anak juga dapat belajar untuk lebih peduli terhadap alam.
Di Taman Safari Bogor, terdapat juga aneka wahana dan spot menarik yang dapat dinikmati selain menikmati kehidupan satwa di habitat alaminya. Bermain aneka wahana yang ada di taman ini adalah salah satu kegiatan populer yang lazim dilakukan banyak wisatawan.

Baby Zoo Taman Safari
Salah satu tempat menarik yang kerap dikunjungi adalah Baby Zoo. Di sini, Anda dapat berfoto dan mengabadikan momen istimewa bersama anak-anak hewan dari berbagai spesies, bahkan termasuk dari kategori hewan buas, di antaranya seperti anak orang utan, anak macan tutul, ular, atau singa.
Pengalaman unik berinteraksi langsung dengan hewan tidak hanya di Baby Zoo. Ada juga program khusus bernama “Swimming With Dolphin”. Dalam program ini, Anda dapat mengenal tingkah laku lumba-lumba dengan cara berenang dan berinteraksi langsung dengan hewan cerdas ini. Secara lebih spesifik, program ini sungguh tepat sebagai terapi bagi sejumlah anak yang berkebutuhan khusus.

Menunggang gajah di Taman Safari
Di Taman Safari Bogor, Anda juga dapat berpetualang dengan menunggang gajah. Bayangkan bagaimana rasanya memasuki hutan belantara sembari berada di atas punggung Gajah Sumatera. Dari atas punggung gajah ini, Anda dapat menyaksikan aneka spesies hewan liar hingga tumbuhan langka. Tentu saja Anda akan dikawal oleh seorang pawang. Durasi kegiatan ini adalah sekitar satu jam.
Tak kalah menyenangkan, Anda juga dapat menikmati pemandangan taman safari dengan menaiki balon udara. Berada di ketinggian 40 meter, Anda dapat menyaksikan keindahan alam serta pemandangan Gunung Gede Pangrango.
Dari sejumlah wahana yang ada di Taman Safari Bogor, salah satu yang populer adalah atraksi bernama Wild-Wild West. Wahana ini adalah sebuah pertunjukan dengan setting kehidupan koboi, Anda dapat menyaksikan atraksi koboi lengkap dengan efek suara yang sungguh mengagumkan. Tentu saja, pertunjukkan ini gratis.

Masih ingin menjajal wahana lainnya? Di Taman Safari Bogor, Anda dapat mengelilingi perkampungan bernuansa Afrika dengan menggunakan kereta mini, mengendarai sepeda air atau kano, melihat pentas sirkus, menyaksikan kesenian tradisional di Balai Ruyung Safari, dan lain sebagainya.
Di Taman Safari Indonesia ini, Anda dapat membeli oleh-oleh sebelum pulang ke rumah. Ada banyak pedagang mainan yang menjual boneka satwa di kawasan taman ini. Selain itu, tersedia juga outlet-outlet resmi di mana Anda dapat berbelanja pernak-pernik hingga pakaian. Jika Anda suka, Anda dapat menemukan sejumlah kuliner Bogor yang lezat di kawasan taman ini.
         Aneka souvenir di Taman Safari Indonesia – Bogor

Tiket Masuk Taman Safari Bogor

Secara umum, terdapat paket-paket wisata yang dapat Anda pilih untuk dapat berekreasi di Taman Safari Bogor. Dilansir dari official website Taman Safari Bogor di http://bogor.tamansafari.com, paket yang populer adalah paket Safari Malam dan Safari Siang.
Dengan paket Safari Malam, Anda akan diajak melihat langsung aktifitas satwa dari dekat di malam hari dengan menggunakan kereta wisata yang terbuka, juga menikmati wahana permainan dan 2 atraksi pertunjukan satwa. Biaya tiket masuk Safari Malam ini adalah sebesar Rp 150 ribu (dewasa) dan Rp 140 ribu (anak) per orang.

Safari Malam
Sementara jika Anda tertarik mengambil paket Safari Siang, Anda akan berkeliling hutan dengan kendaraan pribadi, menikmati 9 pertunjukan satwa secara gratis, serta bermain wahana permainan seperti rumah hantu 3D. Biaya tiket masuk Safari Siang ini adalah sebesar Rp Rp 150 ribu (dewasa) dan Rp 140 ribu (anak) per orang. Selain itu, biaya sewa mobil sebesar Rp 15 ribu, atau menggunakan bus sebesar Rp 20 ribu, atau sewa sepeda motor sebesar Rp 5 ribu.

Penginapan di Taman Safari Bogor

Taman Safari Bogor memiliki banyak wahana permainan dan hiburan. Tidak akan cukup menikmatinya dalam sehari. Jika Anda berencana ingin menginap, Anda dapat memilih untuk beristirahat di hotel atau bungalow yang ada di kawasan Taman Safari Bogor ini. Selain itu, juga ada karavan dengan kamar tidur dan toilet yang dapat Anda pilih. Salah satu hotel yang populer di kawasan ini adalah Taman Safari Lodge.

Rute Perjalanan ke Taman Safari Bogor

Berlokasi di kawasan wisata Puncak yang populer di kalangan wisatawan, Taman Safari Bogor dapat diakses dari sejumlah kota, seperti Jakarta, Bandung, atau Cianjur. Lokasi Taman Safari Bogor ini hanya berjarak sekitar 80 kilometer dari Jakarta, atau sekitar 78 kilometer dari Bandung.
Jika Anda mengendarai mobil dari Jakarta, Anda dapat mengambil rute jalan menuju Puncak sekeluar dari pintu tol Ciawi. Jika mengendarai sepeda motor, Anda hanya perlu melewati Jln. Raya Bogor, lalu masuk ke jalan menuju Puncak. Setelah tiba di kecamatan Cisarua, perhatikanlah sisi sebelah kanan. Anda akan melihat gapura yang cukup besar yang menjadi penunjuk letak Taman Safari Bogor.
Sementara jika Anda menggunakan angkutan umum, Anda dapat pergi dahulu ke terminal Baranangsiang di kota Bogor. Lalu, Anda naik angkot menuju Ciawi. Dari Ciawi, perjalanan diteruskan dengan menaiki angkutan umum Ciawi-Cianjur, lalu turun di lokasi taman safari. Alternatif lainnya, Anda juga dapat menaiki bus jurusan Bogor-Bandung yang melewati Puncak.

0 komentar:

Posting Komentar

luvne.com resepkuekeringku.com desainrumahnya.com yayasanbabysitterku.com