Minggu, 23 Agustus 2015

Pantai Pok Tunggal Gunungkidul

Keberadaan Pantai Pok Tunggal Gunungkidul menawarkan salah satu keindahan panorama laut dari sekian banyak wisata pantai di Gunungkidul, seperti Pantai Indrayanti, Pantai Baron, dan Pantai Jogan.

Jika Pantai Jogan indentik dengan keajaiban air terjunnya, maka Pantai Pok Tunggal merupakan wisata pantai yang ikonik di mana terdapat satu batang pohon Duras yang tumbuh rindang tepat di bibir pantai dan menjadi ikon Pantai Pok Tunggal tersebut.

Pesona keindahan puluhan pantai yang membentang sepanjang pesisir Gunungkidul Yogyakarta seolah menjadi surga tersembunyi di balik gugusan perbukitan kapur yang selama ini identik dengan kawasan Gunungkidul.

Perjalanan dari pusat kota Yogyakarta ke Pantai Pok Tunggal Gunungkidul terbilang cukup mendebarkan, terutama setelah melewati Kota Wonosari menuju lokasi pantai.

Pada 2 kilometer terakhir menjelang lokasi, jalanan cukup sulit, sempit, lebih banyak kelokan, bahkan cenderung terjal. Sesekali adrenalin akan terpacu saat melintasi jalanan menikung tajam dengan bongkahan karang besar menjorok tepat di atas kepala. Sungguh pemandangan yang terlihat masih sangat alami.


Mitos Pohon Duras di Pantai Pok Tunggal

Anda memang akan melalui perjalanan panjang yang cukup melelahkan agar dapat tiba di Pantai Pok Tunggal ini. Tetapi ketahuilah bahwa rasa penat dan lelah seolah terbayar tuntas dengan keelokan pemandangan sejauh mata memandang horizon di kawasan wisata Gunungkidul yang satu ini.

Luasnya hamparan pasir putih yang sesekali disapu ombak biru menghempas tenang seperti penawar rasa lelah yang mujarab yang kemudian membawa kita larut dalam suasana yang begitu damai. Jauhnya jarak tempuh, jalanan yang terjal dan berkelok seketika akan terlupakan dan dalam sekejap mengisi keceriaan di hati tatkala menikmati panorama pantai.


Tepat di tepi pantai berdiri kokoh sebatang pohon Duras yang kemudian menjadi ikon wisata Pantai Pok Tunggal Gunungkidul ini. Inilah satu-satunya pohon (pohon tunggal) yang konon menginspirasi pemberian nama pantai ini menjadi Pok Tunggal, yang artinya “Pohon Tunggal”. Pohon Duras terbilang rindang, namun menurut masyarakat setempat konon pohon ini sangat sulit tumbuh.

Oleh sebab itu ketika pohon tumbuh subur, maka keberadaannya sangat dijaga oleh masyarakat lokal. Kesuburan pohon Duras tersebut dipercaya menjadi lambang kemakmuran penduduk setempat. Jadi, Anda tidak boleh coba-coba memanjat pohon tersebut sebab pasti akan mendapat teguran keras dari penduduk sekitar yang mengawasinya.

Alamat Pantai Pok Tunggal: Desa Tepus, Kecamatan Tepus, Kab. Gunungkidul, Yogyakarta
Koordinat GPS: -8.155144,110.621334

Tebing Tinggi di Pantai Pok Tunggal Gunungkidul
Pesona Pantai Pok Tunggal Gunungkidul sesungguhnya lebih terletak pada tebing-tebing tinggi yang berbaris sejajar dan terlihat kokoh membentengi pantai dari dunia luar. Tebing yang berdiri tegak lurus dengan ketinggian mencapai 50 meter ini sebenarnya berpotensi untuk dikembangkan menjadi arena panjat tebing.


Di antara tebing-tebing yang tersebar di sekeliling Pantai Pok Tunggal, Anda masih dapat menjumpai berbagai primata liar yang hidup di sana. Beberapa di antaranya adalah sekelompok monyet liar yang sesekali terlihat melompat di antara tebing pada arah timur pantai tersebut.

Di Pantai Pok Tunggal juga terdapat sebuah mata air tawar. Mata air ini kemungkinan bersumber dari aliran sungai bawah tanah yang memang menjadi ciri khas kawasan bukit karst. Mata air ini kemudian dimanfaatkan warga setempat untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari, khususnya yang membuka warung makan di area pantai serta untuk keperluan kamar mandi umum yang merupakan hasil swadaya penduduk lokal.

Sunset di Pantai Pok Tunggal Gunungkidul

Inilah momen yang paling dicari banyak kalangan penikmat perjalanan, yakni sunset di Pantai Pok Tunggal Gunungkidul. Adalah sebuah hal yang terasa kurang jikalau Anda sampai melewatkan momen menikmati matahari terbenam di pantai Jogja yang satu ini.


Selain itu, di kawasan pantai juga cocok dijadikan sebagai tempat untuk camping atau berkemah. Hal ini rasanya akan menjadi pengalaman berkesan dengan menghabiskan malam di tenda sambil menikmati sapuan angin malam yang diselingi debur ombak. Bahkan, tersedia juga rental tenda dome yang disediakan penduduk lokal bagi Anda yang memang ingin bermalam di kawasan Pantai Pok Tunggal ini.

Jika Anda bermaksud untuk pulang selepas menikmati sunset di sana, maka Anda harus ekstra hati-hati sebab jalanan yang harus dilalui sungguh sangat minim lampu penerangan. Jalanan sempit, terjal, berkelok, dan berbatu adalah resiko bahaya yang harus Anda pikul.

Berkemah di Pantai Pok Tunggal
 

Pantai Pok Tunggal Gunungkidul sejatinya adalah objek wisata pantai yang masih dapat dikembangkan lagi menjadi sebuah destinasi wisata yang populer mengingat keindahan panoramanya yang menarik. Beberapa hal fundamental yang perlu dihadirkan dengan lebih baik, misalnya penambahan lampu penerangan, penginapan, atau restoran. Pantai yang terletak pada posisi di antara Pantai Indrayanti dan Pantai Siung adalah salah satu dari deretan wisata pantai di Gunungkidul yang menawarkan sejuta pesona bagi siapapun yang mengunjunginya.

Hotel di Pantai Pok Tunggal Gunungkidul
Anda dapat mencari hotel atau penginapan yang dekat Pantai Pok Tunggal Gunungkidul secara online guna memastikan ketersediaan kamar. Salah satu online booking yang populer adalah AGODA.


Rute Perjalanan ke Pantai Pok Tunggal


Pantai Pok Tunggal Gunungkidul terletak di Kecamatan Tepus. Anda akan membutuhkan waktu perjalanan selama sekitar 2.5 jam dari pusat kota Yogyakarta untuk dapat tiba di lokasi pantai ini.

Berikut ini adalah rute perjalanan ke lokasi oantai dari pusat kota Yogyakarta:

Yogyakarta >> Imogiri >> Panggang >> Jln. Saptosari >> Tepus >> (ikuti arah ke Pantai Baron) >> Sebelum pertigaan Pantai Baron belok kiri arah Pantai Indrayanti >> Sampai pertigaan Kawasan Pantai Indrayanti belok kiri (ikuti jalan beraspal) >> Pos Retribusi >> lihat papan nama dan petunjuk arah “PANTAI POK TUNGGAL” >> ikuti jalan Cor Blok (jalan batu) >> Pantai Pok Tunggal (lihat Pohon Duras sisi kanan jalan masuk)

0 komentar:

Poskan Komentar

luvne.com resepkuekeringku.com desainrumahnya.com yayasanbabysitterku.com