Jumat, 21 Agustus 2015

Mencicip Kuliner Kampung Arab

Mencicip Kuliner Mediterania Ala Kampung Arab

Ingin mencoba kuliner khas timur tengah? Anda tidak perlu jauh-jauh ke Solo, surabaya bahkan ke Saudi Arabia. Anda cukup datang ke Kampung Arab Resto yang berlokasi di Jalan Palagan No 65 B, Sleman, Yogyakarta. Peluang ini coba dijajal oleh Hedar, anak keturunan Arab yang kini kuliah di MM, UGM.
 
Kegemarannya memasak ini dipelajari secara mandiri karena tradisi dalam keluarga sering berkumpul kemudian makan secara bersama-sama. Karena sang mama tidak pernah masak, alih-alih dia paling sering mencoba masakan tantenya. Karena tradisi kebuli itulah Hedar kemudian belajar memasak makanan ala Arab.
Saat masuk ke resto, ambience mediteran langsung terasa. Dipan luas dilapisi karpet permadani untuk lesehan pun tersedia baik di lantai 1 dan juga lantai 2. Soal menu jangan ditanya Hedar memberikan sajian spesial seperti nasi kebuli jumbo, gule kambing, dan tim kambing. 
“ Salah satu yang spesial disini yakni Nasi Kebuli spesial jumbo. Penyajianya lebih besar dari nasi kebuli biasa, nasi ini disajikan untuk 4-5 orang dimakan bersama-sama sesuai tradisi makan besar di Arab," jelas Hedar siang ini.
Untuk Satu porsi nasi kebuli jumbo dibanderol dengan harga Rp 90 ribu. Menu lain dijual dengan haarga yang tak menguras kantong. Mulai dari Rp 10 ribu- Rp 27 ribu untuk makanan sedang untuk minuman harganya antara Rp 5 ribu – Rp 13 ribu.
Meski awalnya sempat ragu apakah makanan khas Timur Tengah dapat diterima masyarakat Yogya, namun pria alumni Teknik Industri UGM ini akhirnya optimis. Minat kuliner dan respon positif masyarakat sangat bagus akan kehadiran Kampung Arab Resto ini.
Ingin mencoba dessert unggulan disana, jangan khawatir, Hedar pun memberikan menu penutup yang bisa Anda coba disana. Seperti Sazuka misalnya, menu ini sebenarnya adalah roti tamis bercita rasa rasa gurih yang diberi toping telur orak-arik. Umumnya menu ini diminati kalangan keluarga yang berkunjung ketempat yang buka mulai pukul 11.00-00.00 WIB.
Secara keseluruhan, masakan Timur Tengah memiliki rasa gurih dan kuat bumbu rempah-rempah didalamnya. seperti nasi kebuli yang dibuat Hedar, bahan utama untuk membuatnya adalah kaldu kambing, susu dan rempah-rempah. Nasi itu terlebih dahulu dimasak setengah matang kemudian dicampur kaldu kambing, bumbu rempah dan susu. Dimasak selama 45 menit jika sudah matang dimasak lagi dengan campuran bumbu lainya seperti menambah minyak samin, mentega dan kapulaga.
Dessert lain yang diminati pengunjung yakni Ummu Ali Ala Qahwa. makanan ini adalah puding yang dibuat dengan bahan dasar air tajin dicampur dengan tepung beras dan terdapat pilihan toping antara lain toping karamel, kurma dan kismis, penasaran? Yuk coba langsung ke Kampung Arab!

0 komentar:

Poskan Komentar

luvne.com resepkuekeringku.com desainrumahnya.com yayasanbabysitterku.com